Monday 31 October 2016

Filled Under:

Pertanyaan dan Cara mengatasi Masalah yang Sering Muncul saat Instalasi Windows dan Ubuntu



Hello J readers, welcome egen yes di Technologician area. Kali ini, aku mau nge-share mengenai masalah-masalah yang mungkin pernah kalian temui saat menginstall sistem operasi baik itu Windows maupun Linux Ubuntu, dan mungkin kalian juga pernah bertanya-tanya tentang suatu hal yang berhubungan dengan sistem operasi. Yuuh, kalian bisa check this out, who knows it could help you~.
Oh ya, saya masih tahap belajar nih btw. Jadi, kritik dan saran kalian sangat membantu J.

1. Mengapa saat kita menginstall Windows 8.1 menggunakan VirtualBox pada PC/Laptop muncul peringatan/pesan error “AMD-V hardware acceleration is not available on your system...”?

Hal ini dikarenakan virtual technology pada laptop/pc yang digunakan belum aktif, sehingga apabila kita buka “pengaturan” pada virtualbox yakni pada systemnya, menu “acceleration” tidak tersedia/tidak aktif. Caranya, kita restart PC untuk kemudian masuk pada pada menu BIOS menggunakan shortcut (biasanya menggunakan Fn+F2). Kemudian pada BIOS, bukalah menu “advanced”, pilih “CPU Configuration”, kemudian pada “Secure Virtual Machine” yang asalnya “disabled” ubahlah menjadi “enable”. Kemudian pada menu “exit”, pilihlah “Save Change and Exit” untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.

2. Kemudian, mengapa saat ingin mengaktifkan virtual technology pada BIOS, tidak ditemukan menu “advanced”?

Perlu diketahui terlebih dahulu apa yang menjadi spesifikasi dari pc yang digunakan. Ternyata ada spesifikasi laptop yang tidak mendukung yakni jika VGA yang digunakan adalah on-board atau non-dedicated, sehingga pengaturan tersebut tidak tersedia. Contohnya saja seperti milik saya yakni laptop Lenovo G405 dengan processor AMD E1-2100 APU with Radeon™ HD Graphics.

3. Mengapa saat menginstall Ubuntu pada virtualbox muncul pesan error “this kernel requires an x86-64 CPU, but only detects on 1686 CPU, unable to boot” dan OS yang digunakan adalah Windows 7 32-bit?

Jika terjadi hal seperti ini, cobalah install master Ubuntu 32-bit sesuai dengan OS utama. Atau aturlah konfigurasi jenis CPU mesin virtual menjadi 64-bit sehingga cocok dengan master/file ISO yang digunakan.

4. Apa yang terjadi saat menginstall Windows 7 menggunakan virtualbox terdapat pesan error “fatal: no bootable medium fond! System halted”.

Karena menggunakan virtualbox, maka masalahnya berada pada file ISO yang digunakan untuk instalasi, yakni semisal file ISO yang sudah corrupt sehingga tidak bisa dibuka karena tidak adanya informasi digital pada file ISO tersebut yang memberitahukan bagaimana proses booting terjadi pada file tersebut. Bisa jadi file ISO tersebut tidak original dari pembuat OS.

5. Bagaimana jika virtualbox hanya menyediakan instalasi 32-bit OS, apa yang terjadi?

Sebenarnya jawabannya sederhana saja yakni juga karena virtualization technology pada BIOS yang masih dalam keadaan disabled.

6. Bagaimana cara mengatasi pesan error “failed to open a session for the virtual machin windows 10”?

Hal ini terjadi dikarenakan lokasi penyimpana n file ISO yang tidak dapat diakses. Caranya adalah buka “pengaturan” pada menu virtualbox – storage – kemudian pada controller dan media ISO yang bermasalah tersebut diklik – klik attachment – add harddisk - create new disk – pilih VHD (Virtual Harddidk) untuk membuat harddisk virtual – next – pilih Dinamically – tingkatkan ukuran penyimpanan – create – browse – kemudian namai ulang harddisknya.

7. Bagaimana cara mengatasi masalah penginstalan Windows 10 pada virtualbox yang muncul pesan error “HostMemoryLow => Fixed in SVN”?
Hal ini terjadi karena terlalu rendahnya memory yang tersisa karena terlalu banyak dialokasikan untuk mesin virtual. Maka, cobalah untuk mengurangi jumlah memory yang dialokasikan untuk mesin virtual. Mungkin virtualbox memiliki beberapa masalah saat mengalokasikan halaman memory yang cocok untuk para tamu.

8. Bagaimana cara mengatasi Error 0x80070017 saat menginstall Windows 7?

Cobalah download ulang file ISO Windows 7 dan burn lagi di PowerISO (software yang direkomendasikan) dengan burning speed 4x / 8x, tapi jangan sampai maksimum agar DVD yang digunakan tidak corrupt dan lancar saat penginstalan. Intinya, coba ganti DVD Windows yang digunakan dan oleh karenanya, jika bootable OS nya menggunakan flashdisk, maka sangat direkomendasikan untuk mengatasi error-error yang terjadi. Biasanya error yang terjadi adalah karena data yang corrupt, dan bisa juga kaset yang tergores atau burningan yang tidak sempurna.

9. Bagaimana cara mengatasi error “no drives were found” saat menginstall Windows 7 maupun 8?

Sebenarnya hal ini terjadi karena harddisk yang bermasalah sehingga tidak terbaca saat melakukan penginsatalan OS Windows 7 maupun 8. Adapun cara untuk mengatasinya adalah jangan terburu-buru untuk menutup proses instalasi yang dijalankan. Hanya tekan tombol Shift+F10 sampai keluar Command Line, kemudian ketiklah perintah Disk Part, kemudian tekan enter, ketik lagi perintah List Disk, lihatlah apa yang terjadi kemudian, berikutnya ketik Select disk 0, ketik clean, terakhir kita ketik kembali list disk, dan kemudian coba refresh halaman error tadi. Namun begitu, cara ini mengandung resiko yakni data Anda yang ada di harddisk akan hilang. Jadi, untuk yang menginstall dan menemui masalah semacam ini namun data masih ingin tetap aman, cara ini tidak disarankan.

10. Mengapa proses instalasi bisa gagal dan muncul pesan “Stop 0x00000000A”?

Hal ini menunjukkan bahwa ada permasalahan pada videocard. VGA terganggu karena penggunaan yang berlebihan terhadap program-program yang tidak seharusnya diinstall di PC. Jadi, uninstall saja program-program yang dirasa tidak berguna di PC.

11. Bagaimana cara mengatasi load driver saat install ulang windows 7?

Load driver sendiri ditandai dengan adanya peringatan “A required CD/DVD drive device driver is missing…”. Yang harus dilakukan adalah klik tombol cancel sehingga tampilan kembali ke instalasi awal. Cabut flashdisk dari portnya, dan pindah ke port lainnya. – klik tulisan repair your computer – dan pilih “use recovery tools that can help” selanjutnya pilih lagi “command prompt”, kemudian ketikkan
DISK PART
LIST DISK
Select disk 0
Clean
Create partition primary
format fs = ntfs quick
Tapi sebenarnya load driver juga bisa dikarenakan saat membeli laptop dengan default Windows 10. Sehingga laptop yang digunakan tidak compatible dengan Windows 7. Sehingga bbooting flashdisknya harus diganti dengan Windows 8 ke atas (8, 8.1, atau Windows 10).

12. Apa saja spesifikasi minimum hardware yang direkomendasikan untuk install Ubuntu?
Memiliki processor dengan kecepatan proses 700 MHz
Memiliki RAM minimal 384 MB
Memiliki minimal 8 GB disk kosong
Mendukung VGA Graphical Card dengan resolusi 1024x786 pixels
PC mendukung sound card adapter
PC mendukung koneksi internet
CD instalasi menggunakan 64-bit

13. Bagaimana jika pada proses instalasi muncul perintah boot MGR is missing?

Sebenarnya hal ini terjadi karena master boot record (bagian harddisk yang terletak pada sektor utama harddisk) ini terganggu yakni misal file Windows 7 yang corrupt, kerusakan pada harddrive, BIOS sudah ketinggalan zaman, maupun booting yang tidak sempurna. Yang harus dilakukan:
Restart PC, periksa harddrive dan konfigurasi BIOS, buka dan pasang kembali semua data internal misalnya kabel data harddisk, CD ROM, dll. Karena kesalahan BOOTMGR ini dapat disebabkan kabel controller yang longgar atau kabel yang rusak.

14. Mengapa Sistem Operasi berlisensi seperti Windows dan mac lebih sering digunakan khalayak atau user, dibandingkan dengan yang tidak berlisensi seperti linux?

Menurut saya, hal ini dikarenakan mac dan windows memang sudah lebih dulu dikenal dan digandrungi di masyarakatnya karena user interfacenya yang lebih mudah dipelajari dan digunakan. Namun begitu, OS yang tidak berlisensi seperti android sekarang justru lebih terkenal, terbukti dengan banyaknya pengguna smartphone android dibandingkan dengan Windows OS pada smartphone. Hal ini karena android pada smartphone lebih mudah pengoperasiannya dan banyaknya program yang tersedia. Tapi, jika merujuk pada penggunaanya di PC memang masih dominan pada OS yang berlisensi. Namun, hal ini kembali lagi pada selera dan kegunaan, dan tentunya tinggal menunggu waktu.

15. Apa saja kah beberapa kemungkinan yang dapat menggagalkan proses instalasi Linux?

Kemungkinan pertama adalah file-file instalasi yang rusak, entah dari proses pembakaran file ISO ke CD atau saat mengunduhnya dari internet
Adanya gangguan saat instalasi berjalan, seperti mati listrik, CD yang tiba-tiba keluar, dsb. Sehingga usahakan baterai (jika menggunakan laptop) dalam keadaan terisi penuh.
Distro (OS dan aplikasinya) yang memang tidak ingin berkenalan dengan PC yang akan kita install

4 comments:

  1. mengapa saat menginstal ubuntu 9.10 pasa saat setelah memilih bahasa, instalan itu berhenti begitu saja ?

    ReplyDelete
  2. mengapa saat instal debian, ngga bisa nyalin data dari dvd room? itu dari apknya apa isonya

    ReplyDelete
  3. The virtual machine 'debian' has terminated unexpectedly during startup with exit code 1 (0x1). More details may be available in 'C:\Users\AXIOO\VirtualBox VMs\debian\Logs\VBoxHardening.log'.
    always like this... failed to open session

    ReplyDelete
  4. ada yang tau kenapa kalo pas instal linux lite di virtual box ga lama ada bacaan fatal no bootable medium found system halted

    ReplyDelete